Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak Aman untuk Pemula

Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Transaksi Pembayaran Non Tunai – Saat ini sudah banyak sekali penawaran kartu kredit yang disampaikan bank kepada nasabahnya seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, bank Mega, dan lain-lain. Bahkan ketika anda mampu membayar tunai pun, anda bisa saja tergoda untuk memiliki kartu kredit. Hal ini karena kartu kredit dianggap memberikan kemudahan dan keamanan bagi pemilik untuk melakukan semua transaksi tanpa harus repot-repot membawa uang tunai kemana-mana.

Setiap anda selesai berbelanja, anda tinggal memberikan kartu kredit anda sebagai alat pembayaran. Akan tetapi bagi sebagian orang kartu kredit justru akan menjadi sebuah permasalahan dikarenakan tidak tepat dalam penggunaanya.

Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak Aman untuk Pemula

Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Supaya Tagihan Tidak Membengkak

Dibawah ini akan hariantechno.com sajikan mengenai cara menggunakan kartu kredit agar tetap menjadi barang yang bermanfaat:

  1. Penuhi kewajiban sebagai pemegang kartu

Salah satu kewajiban pemegang kartu adalah membayar tagihannya. Jangan pernah menunda-nunda pembayaran tagihan karena hal tersebut akan menyulitkan anda dikemudian hari. Untuk menunda tagihan 1 atau 2 periode mungkin masih bisa dianggap mudah saat melunasinya, akan tetapi apabila tagihan sudah menumpuk itu akan memberatkan anda, kehidupan anda akan terus-menerus dikejar tagihan kartu kredit.

  1. Hindari penggunaan melebihi limit

Hal ini dianggap penting, karena dalam menentukan limit itu tidak serta merta tapi dengan segala pertimbangan termasuk kemampuan anda dalam membayar tagihan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit yang melebihi limit akan membuat pengeluaran anda tidak terkontrol misalnya anda akan membeli barang yang sebenarnya tidak begitu anda perlukan.

  1. Pilih kartu dengan suku bunga rendah

Pemilihan suku bunga yang rendah diperlukan untuk dapat menekan tagihan kartu kredit. Suku bunga yang tinggi akan menghasilkan jumlah tagihan kartu kredit anda yang lebih tinggi juga.

Lihat Juga :

  1. Lakukan penutupan secara bertahap

Jangan pernah mengumpulkan kartu kredit, apabila memang sudah tidak dipakai lebih baik anda melakukan penutupan kartu kredit. Akan tetapi untuk menutup kartu kredit jangan dilakukan sekaligus semua karena hal tersebut akan terdeteksi pada saat bank melakukan cek.

  1. Penentuan limit kartu kredit tidak melebihi pendapatan

Apabila limit kartu kredit anda melebihi pendapatan maka akan cukup besar resiko yang akan anda hadapi, salah satunya adalah ketidakmampuan anda dalam melakukan pelunasan terhadap tagihan kartu kredit.

  1. Hindari kebiasaan untuk berhutang

Jangan dibiasakan menuruti keinginan berbelanja sampai-sampai berani berhutang. Hidup sederhana saja sesuai dengan kemampuan yang ada. Kebiasaan berhutang itu lebih banyak kerugiaanya dibandingkan manfaatnya.

Sudah seharusnya agar kita dapat mengatur pengeluaran hanya untuk barang yang diperlukan. Perilaku hidup konsumtif tidak dijadikan kebiasaan, jangan pernah membiasakan diri untuk berhutang, kalau memang barang tersebut tidak begitu diperlukan lebih baik difikirkan lagi untuk membelinya apalagi sampai berhutang.

Loading...
Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak Aman untuk Pemula | Joe | 4.5