Cara Menggunakan Multitester Analog dan Digital Terbaru 2018 - hariantechno.com

Cara Menggunakan Multitester Analog dan Digital Terbaru 2018

Loading...

Cara Menggunakan Multitester Analog dan Digital Simpel dan MudahMultitester atau biasa juga disebut dengan multimeter merupakan sebuah alat yang mampu mengukur arus, tegangan maupun hambatan listrik. Selain itu multitester juga biasa digunakan untuk mengukur listrik AC dan listrik DC. Pada perkembangannya multitester tidak hanya mengukur ampere, voltage dan ohm tetapi juga mampu mengukur induksi, frekuensi dan kapasitas.

Multitester ini mampu mengukur kesalahan kerja di lapangan dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Alat genggam ini memiliki 2 jenis yakni multitester digital dan multitester analog yang memiliki tingkat keakuratan lebih tinggi untuk hasil pengukuran.

Cara Menggunakan Multitester Analog dan Digital

Pada multitester digital akan ditampilkan hasil pengukuran berupa angka, sedangkan pada multitester analog hasil pengukuran berdasarkan angka yang ditunjukan oleh jarum jam yang dapat bergerak yang menunjukkan hasil pengukuran.

Cara Menggunakan Multitester untuk Mengukur Resistor, Arus Listrik, Listrik AC dan DC

Beberapa bagian penting yang ada pada multitester ini adalah probe, saklar selektor dan display, sedangkan untuk cara menggunakannya berikut beberapa penjelasannya:

Loading...
  1. Pengukuran Resistor

Untuk mengukur resistor, anda harus mengatur posisi saklar terlebih dahulu. Kemudian tentukan skala dengan pengukuran Ohm, sambungkan probe pada resistor, diperbolehkan terbalik. Anda tinggal melihat hasil pengukuran pada display multitester.

  1. Pengukuran Arus Listrik

Posisikan saklar selektor pada AC, kemudian tentukan skala, hubungkan probe pada terminal. Hasil pengukuran dapat dilihat pada display multitester.

  1. Pengukuran listrik AC

Setelah saklar selektor tersambung pada AC anda harus menentukan skala sesuai perkiraan tegangan yang diukur, selanjutnya akan muncul hasil pengukuran pada display multitester.

  1. Pengukuran listrik DC

DCV sudah tersambung dengan saklar selektor, pilih skala yang sesuai, sambungkan probe hitam pada temninal negatif dan probe merah pada terminal positif, jangan sampai terbalik karena listrik DC memiliki polaritas positif negatif, terakhir anda bisa melihat hasil pengukuran pada display multitester.

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa multitester ini mempunyai kemampuan mengecek benda kerja. Hal yang biasa diukur diantaranya adalah temperatur, frekuensi, induktasi dan resistor. Sehubungan dengan keakuratan hasil pengukuran dan harga yang masih terjangkau masyarakat lebih banyak menggunakan multitester analog dalam melakukan pengukuran hasil kerja dibandingkan multitester digital. Jika anda berminat anda bisa segera membeli multitester ke toko terdekat.

Itu saja yang dapat hariantechno.com infokan mengenai cara menggunakan multitester analog dan digital. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
Cara Menggunakan Multitester Analog dan Digital Terbaru 2018 | Joe | 4.5