Tips Cara Setting Mikrotik Router Hotspot Pribadi/Warnet Terbaru 2018

Trik Cara Setting Mikrotik Router Wireless Hotspot Indihome dan Provider LainMikrotik merupakan sebuah sistem operasi dari perangkat lunak yang dapat dijadikan sebagai router internet. Router tersebut merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai penyebar jaringan internet ke beberapa bagian yang lain. Sehingga dalam penggunaannya diperlukan pengaturan (setting) mikrotik router hotspot baik untuk penggunaan pribadi atau umum seperti di warnet.

Router mikrotik tersebut akan dijadikan sebagai pintu keluar untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet indihome dan atau provider internet lain. Setiap router mikrotik akan memiliki beberapa ether untuk disebar ke beberapa lokasi.

Tips Cara Setting Mikrotik Router Hotspot Pribadi/Warnet

Ketika anda menggunakan mikrotik anda dapat melakukan pemisahan bandwith traffic local ataupun internasional, billing hotspot, membuat PPPoE server, melakukan blocking terhadap situs-situs tertentu yang kurang baik untuk diakses, hanya melalui komputer pribadi anda mikrotik router OS anda sudah dapat melakukan konfigurasi LAN serta pengaturan internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk melakukan pengelolaan jaringan internet.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Router Hotspot Pribadi atau Warnet Sederhana Mudah

Pada artikel ini hariantechno.com akan berbagi  tips trik cara setting mikrotik router hotspot yang bisa diterapkan di rumah atau warnet. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah melakukan setting mikrotik:

  1. Pastikan anda sudah terhubung dengan internet.
  2. Berikan IP Address pada setiap ether mikrotik.
  3. Pilih menu IP.
  4. Pilih Address.
  5. Pilih tanda + (Add).
  6. Input IP Address pada kolom Address.
  7. Pada Interface pilih Ether 1, kemudian lakukan hal yang sama untuk ether yang lainnya.
  8. Selanjutnya tambahkan gateway untuk dapat menjadi pintu keluar tersambung dengan internet.
  9. Pilih menu IP.
  10. Pilih Routes.
  11. Pilih tanda + (Add).
  12. Masukan IP.
  13. Pilih menu IP.
  14. Pilih DNS.
  15. Pada kolom serves masukan IP.
  16. Router mikrotik sudah tersambung dengan internet.
  17. Selanjutnya anda melakukan setting Network Address Translation (NAT).

Lihat Juga :

  1. Pilih menu IP.
  2. Pilih Firewall.
  3. Pilih tab NAT.
  4. Klik tombol + (Add).
  5. Selanjutnya akan muncul kotak dialog, anda isikan scrnat pada kolom chain dan menginput ether 1 pada kolom out-interface, pada tab Action anda pilih masquerade.

Demikian tutorial cara setting mikrotik router yang dapat hariantechno.com share-kan pada anda. Salah satu kelebihan yang dimiliki mikrotik ialah anda dapat melakukan pengaturan dan pemantauan yang lebih mengenai jumlah pengguna, kapasitas download ataupun upload, pemberlakuan blok pada situ-situ tertentu dan lain sebagainya.

Bebarapa manfaat yang akan anda peroleh ketika menggunakan mikrotik diantaranya adalah pemisahan bandwith traffic, penggunaan virtual private network, dapat digunakan sebagai gateway bagi LAN, dapat digunakan sebagai access point serta dapat melakukan routing.

setting mikrotik terbarusetting mikrotik warnet 2018
Loading...
Tips Cara Setting Mikrotik Router Hotspot Pribadi/Warnet Terbaru 2018 | Joe | 4.5