Cara Setting Ukuran Autocad Software Desain 3D Ringan Populer

Tips Trik Cara Setting Ukuran Autocad – Autocad merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan desain atau menggambar sebuah objek 2 dimensi atau 3 dimensi melalui sistem CAD. Software ini cukup populer dan banyak digunakan terutama bagi yang bekerja pada bidang desain atau berhubungan dengan menggambar seperti arsitek.

Autocad juga digunakan untuk beberapa desain seperti rancangan pembuatan palu, mesin, baut, mur, model industri mobil, jembatan, gedung, rumah, bahkan model pesawat terbang.

Salah satu yang harus kita atur sebelum menggunakan software autocad adalah mengenai ukuran gambar atau biasa disebut unit satuan autocad pada workspace. Hal ini dianggap perlu sebagai upaya untuk mempermudah proses desain pada software autocad, sehingga gambar yang dihasilkan akan memiliki tingkat keakurasian dan presisi yang cukup tinggi.

Tutorial Cara Setting Ukuran Autocad

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengaturan ukuran pada software autocad:

  1. Jalankan command Unit, kemudian tekan enter.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog pengaturan drawing units untuk melakukan pengaturan mengenai length type, length precision, angle type, angle precision, insertion scale serta lighting units for specifying the intensity of lighting.
  3. Pilih OK.
  4. Pada kolom length, anda lakukan pengaturan type pada decimal dan precition 0,00.
  5. Pada bagian angle, anda lakukan pengaturan type pada decimal degree dan precition 0.
  6. Kosongkan checkbox clockwise untuk menentukan sudut putaran dengan berlawanan arah jarum jam.
  7. Lakukan pengaturan unit to scale inserted content pada ukuran cm.
  8. Pada bagian insertion scale.
  9. Lakukan pengaturan international pada bagian lighting.
  10. Pilih OK.
  11. Anda pun perlu melakukan penggambaran pada autocad.

Untuk tidak memberatkan kinerja laptop atau komputer pribadi jika luas gambar relatif besar. Kelebihan autocad diantaranya adalah memiliki layar gambar yang luas, mudah untuk melakukan proses editing, hasil desain dapat disimpan dalam berbagai jenis file, tingkat keakuratan dan presisi yang cukup tinggi dan proses pembuatan gambar tidak memerlukan banyak waktu atau dapat dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat.

Demikian tutorial cara setting ukuran autocad yang dapat hariantechno.com share pada anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
Cara Setting Ukuran Autocad Software Desain 3D Ringan Populer | Joe | 4.5