Kegunaan Pinjaman Syariah Pada Masa Kini

Dimasa pandemi seperti saat ini adalah masa-masa sulit bagi setiapa orang di dunia khususnya bagi pembisnis-pembisnis kecil. Menurut kebijakan-kebijakan yang diberlakukan pemerintah untuk memutus tali penyebaran virus corona ini memang sedikit merugikan di sektor pengusaha-pengusaha kecil. Karena beberapa bulan di awal sempat diberlakukan untuk penutupan sementara mencegah penyebaran virus. Oleh karena itu pasti sulit untuk bertahan memutar keuangan agar usahanya tetap stabil.

Demi menanggulangi peristiwa – peristiwa yang terjadi di akibatkan kejadian pandemi saat ini instansi swasta menawarkan program pinjaman modal usaha yang disediakan untuk pengusaha-pengusaha kecil yang terdampak besar oleh keadaan pandemi ini. Pinjaman dana yang di berikan lembaga-lembaga keuangan swasta biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu pinjaman konvensional dan pinjaman syariah. 2 pinjaman ini memiliki jenis dan regulasi yang berbeda satu sama lain.

Pinjaman konvensional merupakan salah satu pinjaman yang sudah sejak lama kita ketahui akan tetapi berbeda dengan pinjaman syariah dimana pada pengajuan dan tata aturan peminjamannya menerapkan prinsip syariah. Meskipun begitu pengajuan kedua pinjaman ini sama – sama mudahnya jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan pinjaman tersebut. Hanya metode saja yang benar-benar membedakan karena pinjaman syariah berbasis hukum islam yang jauh dari riba. Jika anda seorang muslim pinjaman ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu anda dalam modal usaha tanpa mendapatkan dosa karena ribanya.

Seperti pinjaman konvensional lainnya pinjaman syariah juga tidak hanya mengenai pinjaman modal usaha saja. Pinjaman syariah yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga keuangan saat ini meliputi biaya renovasi rumah atau pembeliaan kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor, pembelian logam mulia, membeli tanah, hingga biaya ibadah seperti pergi haji atau umroh bagi yang beragama islam. Karena kegunaannya yang banyak dan keuntungan yang ditawarkan dari pinjaman syariah banyak masyarakat yang beralih dari pinjaman konvensional ke pinjaman berbasis syariah. Selain itu meskipun jenis pinjaman baru akan tetapi fasilitas yang didapatkan oleh nasabahnya tidak jauh berbeda denganĀ  nasabah pinjaman konvensional.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *