Mengatasi Pilek yang Membuat Si Kecil Rewel

Pilek adalah salah satu penyakit yang sering di derita orang-orang di kala musim hujan seperti ini. Bagi penderita saat merasakan pilek sangat tidak nyaman karena saat pilek fungsi pernafasan akan berkurang bahkan terganggu. Bagi orang dewasa pilek adalah penyakit biasa yang paling sering menyerang pada saat kekebalan tubuh melemah dan paling tidak disukai. Gejala pilek tidak hanya mengganggu pernafasan saja tetapi juga pusing, demam, dan tubuh menjadi lemas.

Bagi orang dewasa saja pilek sangat menyebalkan apalagi bagi si kecil ya bunda. Si kecil yang terinfeksi virus pilek ini akan mengalami gejala-gejala yang tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Gejala-gejala yang muncul di sebabkan pilek membuat si kecil akan merasa gelisah dan menyebabkan rewel. Oleh sebab itu jika si kecil menderita pilek harus secepatnya di obati agar tidak berkelanjutan untuk rewelnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh bunda dan ayah untuk menangani pilek yang di derita si kecil yaitu :

  1. Mengatur posisi tidur si kecil

Posisi tidur si kecil saat menderita pilek sangat penting, karena posisi yang benar mampu mengurangi gangguan pada saluran pernafasan seperti hidung tersumbat. Bunda harus memposisikan si kecil tidur dengan kepala lebih tinggi dari badannya. Selain itu penggunaan minyak telon bayi mampu membantu meringankan sesak nafas yang timbul dari penyakit pilek. Apalagi harga minyak telon bayi cukup terjangkau dan manfaatnya akan memberikan kehangatan pada tubuh bayi yang membuat pernafasan lebih nyaman. Selain itu juga minyak telon bayi juga mampu menanggulangi masalah perut bayi kembung.

  1. Selalu menjaga kelembapan kamar tidurnya

Kelembapan ruangan si buah hati pada saat terkena pilek perlu dijaga. Jika ruangan kelembapannya kurang atau mendekati kering mampu memperparah kondisi pilek si buah hati. Oleh karena itu penting sekali menjaga kondisi kelembapan dan bila perlu bunda dan ayah menggunakan humidifier.

  1. Memberikan obat pereda pilek

Ketika si kecil mulai benar-benar terganggu dengan gejala-gejala pilek, bunda dapat memberikan obat pereda pilek. Sebelum obat diberikan, bunda dan ayah harus memastikan bahwa obat tersebut memang aman dan sesuai dengan usia si kecil ya bunda. Jika memang bunda tidak mengerti obat apa yang cocok untuk si kecil lebih baik si kecil di bawa kerumah sakit agar mendapatkan obat dari dokter yang sesuai.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *