Sering Maag Saat Hamil? Ini Penyebab dan Penanganan yang Tepat

Setiap wanita di dunia ini selalu memimpikan memiliki bayi kecil yang lucu dan imut, tetapi sebelum itu harus melewati tahapan yang namanya kehamilan. Biasanya setelah menjalani pernikahan yang tidak terlupakan, selanjutnya pasangan akan fokus untuk cepat hamil. Setelah hamil, tentu ada banyak perubahan-perubahan yang harus dihadapi oleh calon Ibu. Mulai dari berubahnya bentuk tubuh sampai fisiologi untuk menyesuaikan kehamilan. Dengan adanya perubahan fisiologis tersebut maka akan menimbulkan beberapa keluhan, salah satunya adalah maag saat hamil. Gejalanya bisa berupa mulas, begah, kembung, terasa nyeri pada bagian ulu hati sampai bagian dada, dan mual serta sering merasakan mau muntah.

Ada beberapa hal penyebab terjadinya maag ketika sedang mengandung si kecil. Pertama karena adanya perubahan hormon yaitu meningkatkan jumlah hormon progesteron. Hal ini membuat otot kerongkongan pada area bawah melemah sehingga asam lambung mudah untuk naik ke atas kerongkongan. Kedua, adanya pertumbuhan janin yang diikuti dengan membesarnya ukuran pada rahim. Hal tersebut membuat rahim agak menekan bagian lambung sehingga menimbulkan sakit pada lambung atau maag.

Setelah mengetahui faktor penyebab kenapa sering terjadi sakit maag saat hamil maka selanjutnya calon Ibu harus tahu cara menanganinya dengan tepat. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau menyembuhkan sakit maag.

Penanganan Maag Saat Hamil

– Ibu hamil harus selalu memperhatikan menu makan yang akan dikonsumsi karena salah makan bisa cepat membuat asam lambung cepat naik. Makanan yang dilarang mulai dari pedas atau minyak yang berlebihan. Selain itu, ada minuman juga yang dilarang yaitu tentunya kopi dan minuman yang bersoda. Disarankan minum teh jahe hangat untuk mengurangi nyeri dan mual pada perut.

– Posisi duduk yang benar ketika makan, jangan melakukan posisi yang salah seperti bersandar atau agak membungkuk karena asam lambung bisa naik dengan mudah. Jadi penanganan yang benar ketika Ibu hamil sedang makan adalah duduknya harus tegak.

– Jangan terlambat makan apalagi Ibu hamil butuh nutrisi yang lebih banyak. Solusinya adalah porsi makan lebih sedikit tapi sering dibandingkan porsi besar tapi jarang. Setelah makan selesai, jangan langsung tidur, berikan waktu sekitar 2 jam dari selesai makan hingga ingin tidur. Untuk posisi tidurnya lebih baik bagian kepala harus lebih tinggi dengan meletakkan 2 bantal dan yang terpenting Ibu hamil harus nyaman saat beristirahat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *