Strategi Terbaik Menyiapkan Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan menjadi salah satu keharusan dalam sebuah usaha maupun bisnis. Laporan keuangan yang dibuat akan menjadi tolak ukur dalam melakukan analisis terkait dengan kemajuan usaha. Oleh sebab itu laporan keuangan yang dibuat harus jelas dan bisa menggambarkan perkembangan maupun kemajuan bisnis yang sedang ditekuni.

Agar hal tersebut bisa didapatkan, maka perlu berbagai strategi yang jelas untuk diterapkan. Strategi-strategi tersebut ialah sebagai berikut:

Strategi Terbaik Menyiapkan Laporan Keuangan

Mencatat Serta Mengumpulkan Transaksi Pada Jurnal

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencatat serta mengumpulkan transaksi pada jurnal. Baik itu transaksi penjualan pembelian penukaran sewa ataupun yang lainnya perlu untuk dicatatkan. Adanya bukti transaksi akan menjadi dasar pencatatan ketika membuat laporan keuangan. Bukti transaksi yang dikumpulkan bisa berbentuk faktur kuitansi maupun nota. Pencatatannya pun harus dengan rinci sehingga mudah dimengerti dan efektif untuk dievaluasi.

Memposting Jurnal dalam Buku Besar

Tidak sampai pada pencatatan dan pengumpulan saja, langkah selanjutnya untuk membuat laporan keuangan adalah memposting jurnal dalam buku besar. Buku besar sendiri merupakan rincian dari tiap-tiap akun yang ada. Hal ini tidaklah sulit karena hanya memerlukan pemindahan transaksi yang telah dicatat di dalam jurnal pada akun-akun secara rinci.

Melakukan Penyusunan Neraca Saldo

Neraca saldo ialah daftar rekening buku besar yang dilengkapi dengan kredit maupun saldo debit. Dalam buku besar dikelompokkan lagi menjadi kelompok aktiva dan kelompok pasiva. Neraca saldo ini akan digunakan guna mengecek keseimbangan antara kredit dan debit dari rekening yang ada.

Membuat Jurnal Penyesuaian

Sangat memungkinkan adanya berbagai transaksi yang belum tercatat ketika pembuatan laporan keuangan. Oleh sebab itu diperlukan pengumpulan data guna membuat jurnal penyesuaian.

Menyusun Neraca Lajur

Agar penyusunan laporan keuangan menjadi muda maka diperlukan penyusunan neraca lajur atau yang biasa disebut dengan kertas kerja. Hal ini dimulai dari data neraca saldo yang telah disesuaikan dengan data dari jurnal penyesuaian sebelumnya. Setelah itu saldo yang telah disesuaikan akan tampil pada kolom neraca saldo. Hal ini bisa dibuat menggunakan bantuan aplikasi akutansi gratis yang banyak tersedia.

Membuat Laporan Keuangan

Tahap berikutnya ialah membuat laporan keuangan. Laporan yang telah disusun dalam neraca lajur Tinggal ditulis menyesuaikan dengan ketentuan maupun standar laporan keuangan secara rapi. Hal ini dikarenakan dalam neraca lajur telah dipisahkan jumlah jumlah yang akan dilaporkan dalam laporan untung rugi.

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan sangat penting sebab akan mencerminkan kinerja suatu usaha maupun perusahaan guna mengambil keputusan yang tepat. Oleh sebab itu menggunakan bantuan aplikasi akuntansi untuk membuat laporan keuangan adalah pilihan terbaik.

Dari sekian banyak pilihan, yang murah dan efektif untuk dipilih adalah aplikasi laporan keuangan gratis namun tetap berkualitas baik. Jika anda menginginkan hal tersebut maka buku kas adalah jawabannya. BukuKas merupakan aplikasi akuntansi yang bisa anda gunakan untuk membuat laporan keuangan secara lebih akurat, hemat waktu dan tenaga.

Ada banyak kelebihan ditawarkan mulai dari fitur laporan keuangan catatan pemasukan catatan pengeluaran hutang piutang dan kartu nama digital. Nah, tunggu apalagi segera gunakan BukuKas sekarang juga.

Loading...
Strategi Terbaik Menyiapkan Laporan Keuangan | Joe | 4.5