Tips Bagaimana Cara Menangani Anak Hiperaktif

Tips Bagaimana Cara Menangani Anak Hiperaktif – Apakah buah hati anda termasuk kategori anak hiperaktif? Hampir setiap ibu lain akan merespons dengan tegas. Tetapi sebelum Anda berpikir Anda dapat membanggakan kualitas anak Anda ini, mari kita memahaminya dengan lebih baik.

Ketidakstabilan dan kurangnya perhatian membuat sulit untuk menangani anak-anak hiperaktif dan lebih sering daripada tidak Anda melihat mereka memantul dari aktivitas ke aktivitas dengan energi dan kemudahan yang tampaknya tak terbatas.

Tips Bagaimana Cara Menangani Anak Hiperaktif

Soalnya, anak yang hiperaktif mungkin memiliki masalah dalam memperhatikan dan duduk diam di kursi mereka. Juga, mereka bisa impulsif, yang berarti melakukan sesuatu tanpa memikirkan hasilnya.

Bukan sifat yang diinginkan, setuju? Tapi pikirkan itu. Seorang anak yang hiperaktif bukanlah buruk, dia mungkin hanya membutuhkan sedikit lebih banyak perhatian, kesabaran, dan aktivitas untuk menyalurkan energi dan proses berpikir mereka.

Berikut ini adalah beberapa  ciri yang umum terdapat pada tingkah laku anak hiperaktif:

  • Anak hiperaktif mengalami kesulitan dalam mendengarkan atau mengikuti arahan.
  • Mereka tidak bisa duduk di kursi mereka. Mereka banyak bergerak.
  • Mereka terlalu banyak bicara, atau mengganggu pembicaraan orang lain.
  • Anak hiperaktif gagal mengikuti instruksi, atau melakukan langkah demi langkah rutinitas dalam lingkungan aktivitasnya.
  • Mereka impulsif, terlalu antusias, dan memantul dengan energi.
  • Mereka dapat dengan mudah menjadi khawatir, frustrasi, marah, dan sedih.

Singkatnya, hiperaktif terkait dengan otak dan cara terbaik untuk menangani anak-anak hiperaktif adalah membuatnya rileks dan melakukan berbagai hal satu per satu. Jadi, bantu anak Anda untuk memperhatikan, lebih fokus, dan tidak terlalu hiper. Di bawah ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam menangani anak-anak hiperaktif.

Cara Menangani Anak Hiperaktif dengan Melibatkan Tubuh dan Pikiran mereka

  1. Menyalurkan energi mereka

Temukan cara untuk melampiaskan energi mereka dan menenangkan pikiran mereka. Anak-anak perlu banyak berlari dan bermain. Investasikan dalam kelas yang membantu mereka menghabiskan energi, aktivitas fisik, dan menenangkan pikiran.

Anda juga bisa memberi anak Anda kotak kegiatan untuk membantu mereka terlibat secara bermakna dan fokus pada kegiatan berbasis permainan. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan dan konsentrasi ingatan mereka dan tidak ketinggalan pengembangan keterampilan mereka juga.

Ada beberapa perusahaan yang memproduksi kotak penemuan, salah satunya adalah Flintobox. Mereka membuat kotak kegiatan berbasis tema untuk anak-anak berusia antara 2 dan 12 tahun.

Tema setiap bulan adalah unik dan mereka menghasilkan sejumlah kotak setiap bulan, Anda bisa mendapatkanya di marketplace atau toko online.

  1. Bicaralah dengan anak Anda dengan cara yang sederhana

Beri perhatian anda secara penuh kepada mereka dan dengarkan keprihatinan mereka, minat, dan kekhawatiran mereka. Juga minta mereka untuk membuat daftar tugas dan uraikan instruksi yang diberikan kepada mereka.

  1. Bantu anak menghadapi perasaannya

Anak-anak dengan hiperaktif merasa sulit menangani kemarahan, kesedihan, dan kekhawatiran. Bantu mereka untuk mengatasi perasaan mereka dan memberi tahu mereka tentang hal yang baik dan yang buruk.

  1. Buat anak rileks

Minimalkan gangguan dan sibuk dengan gawai. Bawa mereka ke lingkungan hijau. Bersabarlah, ambil napas dalam-dalam, bertekad untuk menenangkannya, dan menggunakan tingkat energinya yang tinggi untuk digunakan dengan baik.

  1. Terapi perilaku

Hadiahi mereka untuk sopan santun, mendengarkan Anda, tetap pada rutinitas, mendorong mereka untuk membangun ketertiban, dan biarkan mereka tahu apa yang diharapkan darinya. Cara terbaik untuk menghadapi anak hiperaktif adalah dengan melibatkan pikiran dan tubuhnya dan menyalurkan energi mereka. Lainnya halnya dengan TV dan video game yang tidak banyak menyalurkan energi dan merupakan gangguan utama bagi anak-anak.

Demikian beberapa cara menangani anak hiperaktif yang bisa coba orang tua terapkan dalam pengasuhan anak secara baik dan efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
Tips Bagaimana Cara Menangani Anak Hiperaktif | Joe | 4.5