Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi – Seorang ibu tentu akan memiliki perhatian lebih ketika merawat si buah hati baik itu memperhatikan asupan asi, makanan, kesehatan kulit dan tubuh bayi, pakaian dan lainnya. Namun tak jarang juga kepanikan di alami para ibu ketika si bayi mengalami perut kembung misalnya, sebab mungkin belum mengetahui bagamiana cara mengatasi perut kembung pada bayi karenan memang baru pertama kali merawat bayi.

Wajar bila bayi sering kentut sebab perilaku tersebut merupakan hal biasa bagi mereka untuk mengeluarkan gas 13-21 kali setiap hari. Kenapa sangat banyak? Bayi memiliki banyak peluang untuk menelan udara, seperti ketika mereka makan, apakah makanan berasal dari payudara atau botol, mengisap dot, dan menangis. Ketika udara terperangkap dalam perut bayi Anda, Anda mungkin memperhatikan bahwa dia bersendawa, rewel, kembung, menangis, kentut, atau memiliki perut yang keras.

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Terkadang, bayi yang mengalami perut kembung mungkin tampak seperti mereka sangat tidak nyaman atau kesakitan. Bagaimana Anda bisa tahu jika ada masalah lain?

“Jika bayi Anda secara umum bahagia dan hanya rewel selama beberapa detik saat mengeluarkan gas, itu adalah tanda bahwa itu normal,” kata dokter anak Jennifer Shu, MD. “Bahkan jika mereka berubah merah dan membuat suara, itu tidak berarti itu mengganggu mereka. Jika mereka senang di antara episode dan tidak terlalu tertekan selama mereka, mungkin tidak ada yang salah.”

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Coba langkah-langkah ini untuk mencegah dan meringankan rasa sakit akibat perut kembung.

  1. Periksa posisi makan

“Saat Anda menyusui atau menyusui dengan botol, usahakan agar kepala bayi lebih tinggi dari perutnya,” kata Shu. “Dengan begitu, susu tenggelam ke dasar perut dan udara naik ke atas, dan lebih mudah untuk bersendawa.” Angkat botol sedikit sehingga tidak ada gelembung udara di puting, dan gunakan bantal menyusui untuk menyangga.

  1. Bersendawa

Salah satu cara termudah untuk meredakan perut kembung adalah dengan sendawa setelah dia menyusui. Jika dia tidak langsung bersendawa, baringkan telentang selama beberapa menit lalu coba lagi.

  1. Ganti peralatan

“Jika Anda memberi susu botol, beralihlah ke puting yang alirannya lebih lambat,” kata Joel Lavine, MD, PhD, profesor pediatri di Universitas Columbia.

  1. Sentuh dengan pijatan

Pijat dengan lembut bayi Anda, pompa kakinya ke depan dan belakang (seperti mengendarai sepeda) saat ia telentang, atau berikan waktu perutnya (awasi saat ia berbaring tengkurap). Mandi air hangat juga dapat membantunya menyingkirkan gas tambahan.

  1. Perhatikan makanan lebih dekat

Bicarakan dengan dokter bayi Anda tentang makanan yang mungkin memberinya tambahan gas. “Beberapa orangtua memberi bayi jus buah, yang mengandung sorbitol (gula alkohol) yang tidak bisa diserap bayi,” kata Lavine. Dokter juga akan memastikan Anda tidak mengurangi nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda.

Jika Anda menyusui, bayi Anda bisa mengalami kesulitan mencerna beberapa makanan yang Anda makan, yang bisa datang melalui ASI Anda, seperti produk susu dan kafein. Jika Anda memberikan formula padanya, bicarakan dengan dokter Anda tentang berganti merek. Beberapa mengklaim bermanfaat bagi bayi yang mengalami perut kembung.

  1. Perawatan Over-the-Counter (OTC)

Anda juga dapat mencoba beberapa obat OTC untuk membantu memulihkan perut kembung pada bayi. Mintalah dokter atau apoteker Anda untuk merekomendasikan satu. Anda juga harus meminta mereka untuk memastikan salah satu dari obat-obatan ini tidak akan memengaruhi sesuatu yang dia minum, bahwa dia tidak alergi terhadap apa pun di dalamnya, dan bahwa Anda memberikan dosis yang benar.

Anda dapat mencoba tetes gas simetikon untuk gas bayi, tetapi tidak ada bukti jelas bahwa itu bekerja.

  1. Gas dan Kolik Bayi

Selama 4 bulan pertama kehidupan, bayi Anda mungkin mengalami kolik, ketika ia menangis selama 3 jam selama lebih dari 3 hari seminggu selama lebih dari 3 minggu. Gas tidak menyebabkan kolik, tetapi jika bayi Anda kolik, ia mungkin menelan lebih banyak udara, yang memberinya lebih banyak gas.

Kapan Anda Harus Khawatir?

Umumnya kembung pada bayi secara normal dapat diobati. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, itu bisa menjadi tanda pertama dari masalah pencernaan yang lebih serius, kata Jenna Faircloth, PharmD, dari Rumah Sakit Rumah Sakit Anak Cincinnati di Ohio. Hubungi dokter segera jika bayi Anda tidak buang air besar, memiliki tinja berdarah, atau muntah, dan menjadi sangat rewel. Jika Anda tidak bisa membuatnya tenang, atau demam maka diperlukan penanganan langsung oleh dokter.

Jika dia memiliki suhu dubur 100,4 F atau lebih tinggi, kemungkinan terdapat infeksi pada bayi yang perlu segera ditangani dokter. Jika dia berusia di bawah 3 bulan, segera bawa dia ke dokter.

Loading...
Tips Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi | Joe | 4.5