Untuk Wanita Remaja, Kenali Lebih Dekat Apa Itu PMS?

Setiap wanita yang sudah memasuki masa remaja tentu akan atau bahkan sudah mengalami yang namanya PMS atau sering disebut dengan pra menstruasi sindrom. Tetapi apakah setiap wanita sudah mengetahui lebih dalam tentang apa itu PMS bahkan apa yang akan dirasakan ketika sedang berada pada fase itu? Tentu ada banyak pertanyaan yang harus diketahui karena berkaitan dengan kesehatan setiap wanita.

Apa Itu PMS?

PMS merupakan sebuah kondisi dimana muncul gejala-gejala biasanya dirasakan 7 hari atau bisa dibilang 1 minggu sebelum menstruasi terjadi. Gejalanya mulai dari fisik seperti nyeri dan kram pada bagian tertentu bahkan sering merasakan begah pada bagian perut. Sehingga biasanya merasa tidak nyaman ketika hal ini terjadi. Selain itu, terkadang hadir gejala emosional sehingga membuat wanita mudah sekali marah dan tiba-tiba tersinggung karena suatu hal.

Apa itu PMS dan kenapa bisa terjadi? PMS terjadi karena ovulasi, terjadinya pelepasan hormon ovarioum atau estrogen, progesteron yang meningkat, dan akan ada penurunan secara signifikan jika tidak hamil. Sehingga tiba-tiba terjadi peningkatan serta penurunan jumlah hormon yang membuat munculnya beragam gejala tersebut. Peningkatan jumlah progesteron bisa mengakibatkan kram dan sembelit. Sedangkan penurunan estrogen membuat wanita cepat marah dan kurang bisa mengendalikan emosi pada hal-hal tertentu.

Lalu bagaimana cara melewati masa PMS ini dengan nyaman? biasanya ada beberapa kondisi yang memang harus dilakukan seperti mengkonsumsi makanan dengan asupan atau nutrisi yang seimbang dan banyak gizi. Kedua, coba hangatkan bagian tubuh biasanya pada leher dengan handuk yang direndam dengan suhu sekitar 40 derajat Celcius. Lalu bisa juga ditambah dengan memakai kaus kaki serta minuman hangat yang membuat kondisi lebih nyaman. Selanjutnya luangkan waktu lebih banyak untuk istirahat karena ini penting sekali saat badan merasa tidak sehat akibat dari gejala yang terjadi itu. Ketika istirahat, gunakan pakaian dan perlengkapan tidur yang nyaman agar lebih mudah berpindah saat tidur. Biasanya akan sering bergerak untuk mengurangi gejala seperti kram pada perut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *